STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP IT LUKMAN AL HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ahyal Khairi, NIM.: 19104010081 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP IT LUKMAN AL HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP IT LUKMAN AL HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP IT LUKMAN AL HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa dalam proses pembelajaran sering terjadi permasalahan sehingga mengakibatkan proses pembelajaran yang kurang efektif dan relevan dalam proses pembelajaran agama Islam. Oleh karena itu, fokus penelitian pertama skripsi ini adalah pada pelaksanaan strategi guru PAI baik saat kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar jam pelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran agama Islam serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi guru dalam pembelajaran agama Islam di SMP IT Lukman Al Hakim International Banguntapan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, subjek yang diteliti adalah Kepala sekolah, guru dan siswa. Yang bertempat di SMP IT Lukman Al Hakim International Banguntapan Tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. strategi guru dalam pembelajaran agama Islam di SMP IT Lukman Al Hakim Internasional Banguntapan Tahun pelajaran 2022/2023 memuat beberapa strategi yang diterapkan oleh guru sebagai berikut: a. Menciptakan lingkungan yang menarik b. Interaktif c. Relevan d. Mengembangkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa e. Meningkatkan kualitas dan ke profesionalan guru f. Melakukan bimbingan langsung dan tidak langsung g. Memberikan tugas hafalan h. Tanya jawab selama proses pembelajaran i. Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran j. Menanamkan nilai nilai agama dalam proses pembelajaran. 2. Faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi guru dalam pembelajaran agama Islam di SMP IT Lukman Al Hakim Internasional Banguntapan Tahun pelajaran 2022/2023 meliputi sebagai berikut: Faktor penghambat meliputi a. Kurangnya kemauan siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran agama Islam b. Faktor budaya siswa bervariatif seperti hal nya moddyan c. kurangnya adab terhadap guru d. Kurangnya motivasi dalam belajar agama Islam e. Penggunaan IT dalam pembelajaran agama Islam sehingga dapat menimbulkan efek yang tidak efektif karena setiap siswa dapat mengakses pembelajaran sendiri tapi mereka tidak tau kevalidannya benar atau tidaknya refrensi tersebut f. Kebiasaan belajar yang kurang baik g. Rendahnya daya ingat siswa h. Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mempelajari agama Islam i. Kurangnya persiapan guru dalam mengajar j. Waktu yang disediakan masih kurang sehingga guru dalam mengajar pembelajaran agama Islam di kelas terbatas. Faktor pendukung strategi guru dalam pembelajaran agama Islam di SMP IT Lukman Al Hakim Internasional Tahun pelajaran 2022/2023 meliputi para guru bertekad untuk mengubah paradigma pembelajaran agama Islam dengan menciptakan keadaan belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa serta menggunakan metode yang inovatif, melibatkan orang tua dan masyarakat guna mendukung keberlangsungan pembelajaran agama Islam yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. DR. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: guru; pembelajaran agama Islam; gaya belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 13:52
Last Modified: 29 Feb 2024 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum