PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “CARD SORT ” TERHADAP HASIL PEMBELAJAR BAHASA ARAB (MUFRADĀT) SISWA KELAS VIII MTSN 6 GUNUNG KIDUL

Itsna Fauziyah, NIM.: 19104020021 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “CARD SORT ” TERHADAP HASIL PEMBELAJAR BAHASA ARAB (MUFRADĀT) SISWA KELAS VIII MTSN 6 GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “CARD SORT ” TERHADAP HASIL PEMBELAJAR BAHASA ARAB (MUFRADĀT) SISWA KELAS VIII MTSN 6 GUNUNG KIDUL)
19104020021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “CARD SORT ” TERHADAP HASIL PEMBELAJAR BAHASA ARAB (MUFRADĀT) SISWA KELAS VIII MTSN 6 GUNUNG KIDUL)
19104020021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini terjadi dikarenakan minimnya inovasi dan kreasi dalam mengembangkan media pembelajaran, yang menjadikan pembelajaran di kelas terkesan monoton dan tidak menarik di mata peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Cardsort terhadap hasil belajar siswa (Mufradāt). Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam dunia Pendidikan khususnya pada media Cardsort sehingga dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab (Mufradāt) . Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berjenis quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara dengan instrument meliputi pretest dan postest. Penelitian ini menggunakan objek kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Proses pembelajaran pada kelas yang diberikan perlakuan (treatment) dengan media cardsort, siswa sangat antusias mempelajari materi yang diberikan, serta suasana kelas menjadi kondusif. Media ini juga sangat efektif dalam peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah (nilai postest) dilakukan perlakuan (treatment) dari pada hasil belajar siswa sebelum (nilai pretest). (2) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang ditandai dengan perolehan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,042 < 0,05, maka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S. Ag., M. A.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran cardsort; hasil belajar; Mufradat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 14:02
Last Modified: 29 Feb 2024 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum