PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS TAHFIDZ TINGGI DENGAN KELAS TAHFIDZ SEDANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI VIP PESAWAT (PESANTREN AL-QUR’AN WATES) KULON PROGO

Asti Nur Pratiwi, NIM.: 19104080014 (2023) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS TAHFIDZ TINGGI DENGAN KELAS TAHFIDZ SEDANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI VIP PESAWAT (PESANTREN AL-QUR’AN WATES) KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS TAHFIDZ TINGGI DENGAN KELAS TAHFIDZ SEDANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI VIP PESAWAT (PESANTREN AL-QUR’AN WATES) KULON PROGO)
19104080014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS TAHFIDZ TINGGI DENGAN KELAS TAHFIDZ SEDANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI VIP PESAWAT (PESANTREN AL-QUR’AN WATES) KULON PROGO)
19104080014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari adanya relevansi antara kemampuan menghafalkan Al-Qur’an dengan kecerdasan seseorang. Semakin banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang dihafalkan, maka akan semakin unggul kecerdasannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana perbandingan prestasi belajar kognitif antara kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang pada mata pelajaran matematika kelas IV MI VIP PESAWAT, 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang pada mata pelajaran matematika kelas IV MI VIP PESAWAT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes, dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait prestasi belajar kognitif matematika dan perolehan hafalan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar kognitif siswa kelas tahfidz tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas tahfidz sedang, nilai rata-rata kelas tahfidz tinggi sebesar 69,86 sedangkan kelas tahfidz sedang dengan rata-rata 59,33. 2) terdapat perbedaan antara prestasi belajar kognitif kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang, selisih nilai rata-rata dari kedua kelas tersebut adalah 10,53.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Jauhar Hatta, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar kognitif; kelas tahfidz; materi pecahan.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 14:17
Last Modified: 29 Feb 2024 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum