EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS 4 SDN JOMBLANGAN

Niswatul Manfa’ati, NIM.: 19104080052 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS 4 SDN JOMBLANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS 4 SDN JOMBLANGAN)
19104080052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS 4 SDN JOMBLANGAN)
19104080052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan fakta di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Jomblangan yang menunjukkan bahwa siswa belum mampu menjelaskan fenomena atau masalah ilmiah yang disajikan oleh guru dan siswa belum mampu merancang dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ilmiah berdasarkan fenomena atau masalah yang disajikan. Berdasarkan pengujian awal yang dilakukan dengan pre-test menunjukkan skor rata-rata kompetensi literasi sains yaitu 62 artinya masih dalam kategori sedang. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan literasi sains adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap kompetensi literasi sains siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya, (2) seberapa efektif model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kompetensi literasi sains siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya. Metode penelitian yang digunakan eksperimen adalah quasi experimennt dengan desain one group pre-test post-test. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan tes dilakukan berupa pre-test dan post-test untuk mengukur kompetensi literasi sains siswa. Instrumen soal terlebih dahulu diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan uji daya pembeda. Data penelitian yang diperoleh diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap kompetensi literasi sains siswa pada materi wujud zat dan perubahannya pada kategori sedang atau cukup efektif yang dapat dilihat dari kenaikan rata-rata skor pre-test dan post-test yaitu 62 menjadi 80 dan hasil uji Paired Sample T-test yang menunjukkan nilai Sig. 0.000 < 0.05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima 2) hasil uji N-Gain yang menunjukkan nilai 0.31626 yang artinya efektif dalam kategori sedang atau cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi sains; model pembelajaran inkuiri terbimbing; soal pilihan ganda
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 14:54
Last Modified: 29 Feb 2024 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum