PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KOMENTAR BAIK DI MEDIA SOSIAL PADA REMAJA USIA 13-18 TAHUN (Studi Pada Remaja di Daerah Sleman Yogyakarta)

Sania Rahmawati, NIM.: 18104010076 (2022) PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KOMENTAR BAIK DI MEDIA SOSIAL PADA REMAJA USIA 13-18 TAHUN (Studi Pada Remaja di Daerah Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KOMENTAR BAIK DI MEDIA SOSIAL PADA REMAJA USIA 13-18 TAHUN (Studi Pada Remaja di Daerah Sleman Yogyakarta))
18104010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP KOMENTAR BAIK DI MEDIA SOSIAL PADA REMAJA USIA 13-18 TAHUN (Studi Pada Remaja di Daerah Sleman Yogyakarta))
18104010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat lebih sering menggunakan media sosial dan penggunaan media sosial menjadi meningkat pesat, dari media sosial menjadikan manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Di media sosial ada banyak fitur yang ada salah satunya adalah fitur komentar yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya. Dalam kolom komentar banyak jenis komentar yang ditinggalkan oleh pengguna media sosial baik komentar baik maupun komentar buruk. Dari kemontar buruk yang diberikan oleh masyarakat dapat dilihat apa yang menjadi faktor mereka memberikan komentar baik di media sosial apakah salah satunya adalah bentuk dari pemahaman mereka tentang pendidikan akhlak yang sudah mereka dapatkan. Dengan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman pendidikan akhlak terhadap komentar baik di media sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode Kuesioner dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Remaja Sleman Usia 13-18 Tahun dan diambil 153 dengan kriteria tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pemahaman Pendidikan Akhlak terhadap Komentar Baik di Media Sosial pada Remaja Usia 13-18 Tahun (Studi pada Remaja di Daerah Sleman Yogyakarta). Hasil penelitian ini adalah: Terdapat Pengaruh Positif antara pemahaman Pendidikan Akhlak terhadap Komentar Baik di Media Sosial Pada Remaja Usia 13-18 Tahun di Sleman Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai F hitung = 19.243 sedangkan F tabel untuk N-2 (153-2) =151 adalah 3,90 dengan ini diketahui F hitung > F tabel dengan nilai 19,243 > 3,90 dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat diartikan bahwa 11,3% Komentar Baik di Media Sosial pada Remaja Usia 13-18 Tahun dipengaruhi oleh Pemahaman Pendidikan Akhlak dan sisanya 88,7% tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: akhlak; sosial media; remaja
Subjects: Akhlak - Etika
Media Sosial
Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Mar 2024 13:44
Last Modified: 01 Mar 2024 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum