ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS VII PROGRAM KHUSUS MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022

Nur Syarifah Hidayati, NIM.: 18104020048 (2022) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS VII PROGRAM KHUSUS MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS VII PROGRAM KHUSUS MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS VII PROGRAM KHUSUS MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya problematika pada proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada mahārah al-Qirā’ah bagi siswa kelas VII program khusus di MTs Negeri 6 Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam belajar mahārah al-Qirā’ah, faktor-faktor penyebab kesulitan siswa belajar mahārah al-Qirā’ah, dan upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar mahārah al-Qirā’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII program khusus sejumlah 10 siswa, guru bahasa Arab dan wali kelas VII program khusus. Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mahārah al-Qirā’ah adalah kesulitan membaca teks Arab, kesulitan menguasai kosakata bahasa Arab, dan kesulitan menerjemahkan teks Arab. Adapun faktor penyebab siswa kesulitan belajar mahārah al-Qirā’ah meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, sikap belajar siswa yang tidak tertib dan disiplin, serta latar belakang siswa berasal dari SD Negeri. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari pihak keluarga, metode pembelajaran guru kurang tepat, lingkungan masyarakat tidak mendukung, media pembelajaran tidak sesuai, kurikulum pembelajaran tidak tepat, dan kurangnya alokasi waktu pembelajaran. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa belajar mahārah al-Qirā’ah yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, melatih komunikasi berbahasa Arab, memberikan latihan mufradāt, serta menyampaikan materi naḥwu dan ṣarf dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengatasi kesulitan belajar mahārah al-Qirā’ah yaitu membaca teks bahasa Arab di luar jam pelajaran, bertanya kepada guru, dan berlatih menerjemahkan teks bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Qira'ah; bahasa arab; kesulitan belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:33
Last Modified: 04 Mar 2024 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum