PENGARUH PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF DALAM METODE IMLA` TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 6 KLATEN 2021/2022

Abdul Majid, NIM.: 18104020059 (2022) PENGARUH PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF DALAM METODE IMLA` TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 6 KLATEN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF DALAM METODE IMLA` TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 6 KLATEN 2021/2022)
18104020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF DALAM METODE IMLA` TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 6 KLATEN 2021/2022)
18104020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelafalan makharij al-huruf dalam metode imla terhadap keterampilan menulis siswa kelas VII MTs N 6 Klaten 2021/2022. Dengan demikian, penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan sehingga meningkatnya kualitas pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra experimental dengan desain pretest-posttest control grup design Populasi subjek penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs N 6 Klaten dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII G MTs N 6 Klaten yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Pelaksanaan treatment dilakukan dikelas eksperimen sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan tersebut dihadiri oleh siswa kelas eksperimen sebanyak 26 siswa. Terdiri dari pelafalan makharij al-huruf dan diikuti peserta didik serta pengucapan secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan menulis kosakata bahasa Arab yang terdapat pada pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa setelah diberikan perlakuan / treatment. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Sig. (-2 tailed) uji paired sample t test sebesar 0,000 < 0,050 dan rata-rata hasil posttest 77,92 lebih tinggi daripada hasil pretest yaitu 72,04.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: bahasa arab; makharij; imla'
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:37
Last Modified: 04 Mar 2024 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum