EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS TEKS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PASCA PANDEMI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA

Rami Fauzad Darain, NIM.: 18104020061 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS TEKS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PASCA PANDEMI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS TEKS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PASCA PANDEMI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
18104020061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS TEKS CERITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PASCA PANDEMI PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
18104020061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media berbasis teks cerita dalam pembelajaran bahasa Arab dan kurang maksimalnya pembelajaran bahasa Arab pasca pandemi di MAN 2 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan khususnya pada bidang media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bantul Yogyakarta menggunakan teknik random sampling. Sample penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan media berbasis teks cerita efektif sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Arab, berdasarkan hasil uji paired sample t test diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, maka hasil tersebut menunjukkan terdapat “efektivitas media berbasis teks cerita pembelajaran bahasa Arab pasca pandemi pada siswa kelas XI MIPA 1 di MAN 2 Bantul Yogyakarta pada tahun ajaran 2022/2023”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: bahasa arab; media pembelajaran; teks cerita
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:35
Last Modified: 04 Mar 2024 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum