PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEBSITE SIMDIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MATHLAUL ANWAR SERIBU KABUPATEN PESAWARAN

Ifa Leshinta Mukti, NIM.: 20204021001 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEBSITE SIMDIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MATHLAUL ANWAR SERIBU KABUPATEN PESAWARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEBSITE SIMDIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MATHLAUL ANWAR SERIBU KABUPATEN PESAWARAN)
20204021001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEBSITE SIMDIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MATHLAUL ANWAR SERIBU KABUPATEN PESAWARAN)
20204021001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui deskripsi prosedur desain pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis website simdif. (2) Mengetahui penilaian ahli media/ahli materi terhadap produk media pembelajaran website simdif yang dikembangkan.(3) Mengetahui pengaruh penggunaan website simdif terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. (4) Mengetahui kelebihan dan kelemahan pembelajaran menggunakan website simdif. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Pada tahap analyze kegiatan utamanya yaitu menganalisis keadaan siswa di lapangan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada proses pembelajaran bahasa Arab dan menganalisa kurikulum yang diterapkan. Pada tahap design digunakan untuk pembuatan produk berupa media pembelajaran berbasis website simdif merancang struktur konten, peta pikiran materi, gambar, lembar latihan siswa, dan storyboard. Pada tahap development berisi kegiatan realisasi rancangan produk. Pada tahap implementation berisis rancangan yang telah tersusun dan direvisi lalu diterapkan dalam kelas pembelajaran bahasa Arab. Pada tahap evaluation ini berisi perbaikan di setiap bagian yang perlu diperbaiki. Pengembangan media pembelajaran ini telah diuji validitas oleh ahli media, ahli materi, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah situs website dengan domain https://tadris6.simdif.com/contact.html . Untuk meningkatkan kelayakan pada produk ini dilakukan uji validasi media oleh ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 74,54% maka media yang dikembangkan berkategori baik. Uji validitas materi oleh ahli materi mendapatkan persentase nilai sebesar 80% maka materi yang berada dalam media yang dikembangkan berkategori baik. Validasi keseluruhan oleh guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab mendapatkan persentase nilai sebesar 81,05% maka secara keseluruhan media yang dikembangkan berkategori baik. Dengan demikian, bisa diambil kesimpulan bahwa produk pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis website simdif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Mathlaul Anwar Seribu Kabupaten Pesawaran mendapatkan respon positif dan layak digunakan pada pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: learning media; website simdif; student learning outcome
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2024 13:24
Last Modified: 01 Mar 2024 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum