PENINGKATAN KUALITAS PUSTAKAWAN SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL MELALUI BIMBINGAN TEKNIS DAN PENDAMPINGAN PADA PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Arif Sarifudin, NIM.: 07130033 (2010) PENINGKATAN KUALITAS PUSTAKAWAN SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL MELALUI BIMBINGAN TEKNIS DAN PENDAMPINGAN PADA PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KUALITAS PUSTAKAWAN SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL MELALUI BIMBINGAN TEKNIS DAN PENDAMPINGAN PADA PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KUALITAS PUSTAKAWAN SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL MELALUI BIMBINGAN TEKNIS DAN PENDAMPINGAN PADA PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan sangat penting sebagai pusat sumber belajar bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah. Kondisi yang ada saat ini masih banyak sekolah yang belum memiliki perpustakaan atau sudah memiliki perpustakaan tetapi belum memadai dalam hal sarana, koleksi, dan sumber daya manusia (pustakawan) dan sistem pengelolaan perpustakaan sekolah. Salah satu faktor yang terpenting dalam pengoptimalan teknologi informasi itu sendiri adalah sumber daya manusianya (pustakawan). Dalam hal ini pustakawan sangat berperan dalam penerapan suatu teknologi informasi di sebuah perpustakaan. Maka dari itu, pentingnya pengetahuan tentang teknologi informasi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia perpustakaan bagi pustakawan itu sendiri untuk mendukung kegiatan sehari-hari sebagai petugas perpustakaan atau pustakawan. Oleh karena itu, dengan adanya pendampingan pengelolaan perpustakaan sekolah dengan menggunakan software aplikasi pengelolaan perpustakaan diharapkan sekolah dapat mengelola perpustakaan sekolah sesuai dengan standar dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta bagi Sekolah Menengah Pertama yang membutuhkan pendampingan pengelolaan perpustakaan sekolah dalam upaya mensukseskan pendidikan bermutu untuk semua. Kegiatan ini diikuti oleh 10 petugas perpustakaan sekolah menegah pertama di kabupaten Bantul. Dengan cara menentukan terlebih dahulu para peserta yang akan menjadi sasaran kegiatan tersebut. Kegiatan pengelolaan perpustakaan ini dikemas melalui sebuah pendidikan dan pelatihan (Diklat). Dalam kegiatan tersebut peserta difokuskan pada pengelolaan perpustakaan dengan program aplikasi yang telah dibuat oleh Lembaga Penajmin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbasis Microsoft Visual Foxpro.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Djazim Rohmadi, M. SI
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Pustakawan, Pembinaan Pustakawan
Subjects: Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2024 13:40
Last Modified: 07 Mar 2024 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum