PENGARUH PROMOSI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF TEORI MASYARAKAT KONSUMSI JEAN P. BAUDRILLARD)

Fransisca Elly Roossmalia, NIM.: 19107020029 (2023) PENGARUH PROMOSI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF TEORI MASYARAKAT KONSUMSI JEAN P. BAUDRILLARD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROMOSI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF TEORI MASYARAKAT KONSUMSI JEAN P. BAUDRILLARD))
19107020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROMOSI TIKTOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF TEORI MASYARAKAT KONSUMSI JEAN P. BAUDRILLARD))
19107020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

TikTok menyediakan berbagai fasilitas yang beragam untuk melakukan kegiatan promosi suatu barang. Hal ini tentu saja telah dikenal oleh seluruh pengguna TikTok terutama mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Konten video pada TikTok disenangi oleh mahasiswa karena menarik dan kreatif. Hal ini juga menjadi pemicu awal adanya kegiatan transaksi yang dilakukan oleh mahasiswa karena melihat konten promosi yang ada di TikTok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi pada TikTok berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui berapa besaran pengaruhnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi oleh Jean Baudrillard. Ada pun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui pesan WhatsApp dan Instagram dalam bentuk google form kepada 243 responden. Metode analisis yang digunakan yakni uji Spearman Rho dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pertama, menurut uji hipotesis menggunakan korelasi Spearman Rho seluruh hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05. Kedua, ada pengaruh antara promosi TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketiga, besaran pengaruh promosi TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diperoleh oleh peneliti adalah 59,9% dilihat dari nilai koefisien korelasi yang juga berarti pengaruhnya positif. Keempat, dari indikator promosi yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumtif adalah indikator ketepatan sasaran promosi sebesar 64,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos. M.A.
Uncontrolled Keywords: Tiktok; perilaku konsumtif; masyarakat konsumsi
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2024 12:11
Last Modified: 06 Mar 2024 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum