DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BELIK)

Nurul Wardatun Nisa, NIM.: 19108030103 (2024) DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BELIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BELIK))
19108030103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BELIK))
19108030103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap keuangan, pendapatan, dan locus of control terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan finansial literasi sebagi variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di kecamatan Belik. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel pada penelitian sebanyak 148 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara personal dan online. Data penelitian diukur menggunakan skala Likert dengan interval 1-5. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 4.0.9.6. Hasil temuan pada penlitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap keuangan dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Sedangkan, variabel locus of control tidak memliki pengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Adapun finansial literasi sebagai variabel moderasi dapat memperlemah pengaruh sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Selain itu, variabel finansial literasi ditemukan tidak dapat memoderasi pengaruh pendapatan dan locus of control terhadap perilaku pengelolaan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhfiatun, S.E.I., M.E.I
Uncontrolled Keywords: financial attitude; income; locus of control; financial management behavior; financial literacy
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2024 12:55
Last Modified: 14 Mar 2024 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum