ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF CROWDFUNDING PADA PENGGALANGAN DANA KITABISA.COM

Nur Afni Muhammad, NIM.: 19200010164 (2024) ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF CROWDFUNDING PADA PENGGALANGAN DANA KITABISA.COM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF CROWDFUNDING PADA PENGGALANGAN DANA KITABISA.COM)
19200010164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF CROWDFUNDING PADA PENGGALANGAN DANA KITABISA.COM)
19200010164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya situs penggalangan dana secara online di Internet yang secara tidak langsung juga terus memberikan perubahan dalam berbagai aktivitas masyarakat termasuk dalam kegiatan berderma atau saling tolong menolong. Cara pengumpulan dana melalui internet sering dikenal dengan istilah crowdfunding. Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk menghadirkan sebuah diskursus pembahasan Kitabisa.com dalam mengkampanyekan campaign melalui analisis komunikasi persuasif dalam meningkatkan minat berdonasi. Metode penelitian ini melibatkan analisis konten terhadap kampanye crowdfunding yang dilakukan melalui Kitabisa.com. Data yang diperoleh melibatkan elemen-elemen seperti media sosial, konten digital, kampanye video, dan interaksi dengan masyarakat melalui fitur-fitur yang sudah disediakan pada setiap media kampanye yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu dampak dari hadirnya Kitabisa.com dengan pemanfaatannya pada digitalisasi adalah instrumen alternatif baru bagi kegiatan sosial yang mengalami pembaharuan, membentuk norma-norma masyarakat baru dalam penggunaannya. Berawal dari minat masyarakat Indonesia pada gerakan sosial yang terkenal dengan semangat nilai moral yang tinggi. Kemudian ini dikolaborasikan dengan saluran media dengan segala peluang yang ditawarkannya pada Kitabisa.com menjadi strategi yang lebih terstruktur dari piranti pesan dan khalayak membuatnya menoleh pada komunikasi pemasaran komunikasi persuasif yang terintegrasi. Kemudian berlanjut dengan memberikan kesimpulan bahwa yang mendorong donatur untuk berdonasi di Kitabisa.com melibatkan faktor-faktor seperti terciptanya keterhubungan langsung antara fundraiser dan donatur melalui platform, kemudahan akses melalui saluran media, serta pembentukan citra dan narasi yang kuat. Kitabisa.com berinovasi ke media periklanan pada perkembangan teknologi yang terus bermunculan yang kemudian membuat Kitabisa.com terus bereksperimen dengan penggunaan yang bervariasi termasuk dengan melihat adanya komunikasi online. Kitabisa.com menggunakan komunikasi persuasif dengan memadukan berbagai elemen pemasaran digital seperti media sosial, konten online, dan kampanye email. Penyampaian pesan seperti ini dirancang untuk mencapai target audience dengan pesan yang terintegrasi dan konsisten, meningkatkan visibilitas kampanye penggalangan dana. Fokus pada branding yang kuat, penggunaan narasi yang memotivasi, dan keterlibatan donatur melalui berbagai saluran digital merupakan bagian kunci dari pemasaran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subi Nur Isnaini
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif; crowdfunding; penggalangan dana; gerakan sosial
Subjects: Komunikasi
Sosial, Gerakan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Mar 2024 13:49
Last Modified: 15 Mar 2024 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum