EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Nuril Huda, NIM.: 06600026 (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menelaah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Compocition (CIRC) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta pada pokok bahasan segi empat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain pretest dan post-test dengan kelompok tidak random (Nonrandomizesd Control Group Pretest-Posttest Design). Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 352 siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek kelas, diperoleh kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) tidak efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta pada pokok bahasan segiempat. Dari hasil perhitungan secara keseluruhan nilai pretestposttest didapatkan harga Thitung= 1,549 dan db = 62, selanjutnya dilakukan pengetesan satu ekor. Pada tabel diketahui harga T kritis pada T0,05 = 1,998971 maka 1,549 < 1,998971 hal ini menunjukkan bahwa harga Thitung tidak signifikan, yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Compocitiin (CIRC) tidak efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta pada pokok bahasan segi empat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A.dan Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Compocition (Circ), Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2024 09:46
Last Modified: 19 Mar 2024 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum