PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF C4 SISWA PADA MATERI GERAK REFLEKS KELAS XI IPA SMA KOLOMBO TAHUN AJARAN 2009/2010

Diah Astrika Nurrahmi, NIM.: 05450030 (2010) PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF C4 SISWA PADA MATERI GERAK REFLEKS KELAS XI IPA SMA KOLOMBO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF C4 SISWA PADA MATERI GERAK REFLEKS KELAS XI IPA SMA KOLOMBO TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF C4 SISWA PADA MATERI GERAK REFLEKS KELAS XI IPA SMA KOLOMBO TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran yang dilakukan oleh guru melalui pelaksanaan pembelajaran Strategi Group Investigation yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI IPA SMA Kolombo, Sleman, Yogyakarta pada materi Gerak Refleks dan berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif C4 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Kolombo tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan lembar soal pre-test dan post test untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa. Analisis data untuk pelaksanaan tindakan kelas menggunakan analisis kualitatif dari hasil observasi siklus I dan siklus II, sedangkan untuk data kemampuan kognitif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, Data peningkatan kemampuan kognitif siswa tersebut dianalisis dengan menggunakan Effect Size yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Strategi Group Investigation yang dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Kolombo pada materi Gerak Refleks dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Peningkatan kemampuan kognitif siswa ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam 2 siklus. Sedangkan peningkatan kemampuan kognitif belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sudjoko M.S
Uncontrolled Keywords: Strategi Group Investigation, Kemampuan kognitif, Pembelajaran Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:34
Last Modified: 20 Mar 2024 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum