EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Abdul Majid Hasan, NIM.: 05450003 (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAIT Abu Bakar Yogyakarta 2009/2010 pada materi keanekaragaman hayati, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAIT Abu Bakar Yogyakarta 2009/2010 pada materi keanekaragaman hayati, dan (3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis portofolio dibanding model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Randomized Pre test-Post test Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran berbasis portofolio dan variabel terikat berupa motivasi dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 59 siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar angket motivasi. Analisis data motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik persentase dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan Uji t berpasangan. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio bahwa siswa kelas eksperimen termotivasi dengan persentase dalam kategori cukup (56%-75%) dan baik (76%-100%). Untuk hasil prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pembelajaran keanekaragaman hayati terjadi peningkatan, rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen 72.82 dan rata-rata nilai kelompok kontrol 62.90. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan signifikan (p<0.05) antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa secara signifikan antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, yang berarti model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kelompok eksperimen, dan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Portofolio, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:46
Last Modified: 20 Mar 2024 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum