PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM I PRAMBANAN

Hasan Mastuki, NIM.: 04461108 (2010) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM I PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM I PRAMBANAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM I PRAMBANAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMA Islam I Prambanan. 2) mengetahui apakah pembelajaran fisika dengan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Islam I Prambanan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswasiswi kelas X SMA Islam I Prambanan tahun pelajaran 2009/2010 semester genap yang berjumlah 31 siswa. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pembelajaran fisika dengan metode SQ4R dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMA Islam I Prambanan. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan proses dari penelitian ini, di mana aktivitas siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III. Dari hasil aktivitas siswa didapat persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 4,8 % dan pertemuan kedua sebesar 26,4 %, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 21,6 %. Persentase aktivitas siswa pada siklus II pertemuan pertama sebesar 40,3 % dan pertemuan kedua sebesar 50,0 %, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus II dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 9,7 %. Persentase aktivitas siswa pada siklus III pertemuan pertama sebesar 65,1 % dan pertemuan ke dua sebesar 78,5 %, sehingga peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus III dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 13,4 %. Pembelajaran fisika dengan metode SQ4R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Islam I Prambanan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya prestasi siswa dari siklus I sampai siklus III dan telah memenuhi syarat ketuntasan belajar. Dari hasil prestasi siswa didapat nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus I yaitu 37,3 meningkat menjadi 58,9. Nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus II yaitu 42,8 meningkat menjadi 63,2. Nilai rata-rata dari pre-test ke post-test siklus III yaitu 44,2 meningkat menjadi 63,9. Ketuntasan belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus I juga meningkat dari 6,4 % meningkat menjadi 71,0 %, pada siklus II juga meningkat dari 6,9 % meningkat menjadi 80,8 % dan untuk siklus III juga meningkat dari 6,4 % meningkat menjadi 87,1 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode Mengajar, Metode SQ4R, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Mar 2024 09:54
Last Modified: 20 Mar 2024 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum