PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE SCORING DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

Putri Ade Lina, NIM.: 19106020008 (2024) PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE SCORING DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE SCORING DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
19106020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE SCORING DI DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
19106020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat peta daerah rawan banjir menggunakan SIG dengan metode scoring dan menganalisis peta daerah rawan banjir berdasarkan hasil scoring parameter curah hujan, jenis tanah, ketinggian, kelerengan, penggunaan lahan, dan buffer sungai. Penelitian ini menggunakan metode scoring dan pembobotan antara parameter-parameter fantor kerawanan banjir. Setiap parameter akan dilakukan proses penilaian dengan pemberian bobot dan skor sesuai dengan pengklasifikasian masing-masing, yang kemudian di overlay menggunakan soffware SIG. Hasil yang diperoleh berupa peta daerah rawan banjir dimana didapatkan bahwa daerah penelitian yaitu Desa Hargomulyo Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo terbagi menjadi 3 kelas kerawanan, yaitu kelas rendah, sedang, dan tinggi. Hasil dari analisa peta daerah rawan banjir didapatkan bahwa daerah penelitian didominasi oleh kelas kerawanan banjir sedang. Faktor-faktor dominan penyebab kerawanan banjir di Desa Hargomulyo adalah parameter jenis tanah, kelerengan, dan penggunaan lahan. Daerah dengan kerawanan tinggi banyak disebabkan oleh penggunaan lahannya yang berupa permukiman padat dan didukung oleh kawasan buffer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: flood; weighting; geographic information system
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Mar 2024 14:26
Last Modified: 20 Mar 2024 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum