ANALISIS HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Rohmati Fatimah Rodliyah, NIM.: 19104040060 (2023) ANALISIS HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA DENGAN KURIKULUM MERDEKA)
19104040060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA DENGAN KURIKULUM MERDEKA)
19104040060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan program dari pemerintah dalam rangka pemulihan pembelajaran yang selama ini terdampak wabah Covid-19 dengan struktur kurikulum yang menetapkan 20% - 30% jam pelajaran digunakan untuk pembelajaran berbasis proyek serta Capaian Pembelajaran yang disusun per fase (2-3 tahun) menggantikan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hubungan antara self management dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA yang menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis SEM. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa-siswi kelas X Fase E di SMA Negeri 2 Banguntapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar pada materi eksponen serta angket kuesioner skala self management dan motivasi belajar yang disebarkan menggunakan google form. Dari hasil penelitian menggunakan analisis SEM, diperoleh bahwa; 1) hubungan self management tidak signifikan dengan hasil belajar dikarenakan nilai t-value < 1,96; 2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar tidak signifikan dikarenakan nilai t-value < 1,96; 3) model dalam penelitian merupakan model yang sangat lemah, karena self management dan motivasi belajar hanya memiliki hubungan sebesar 6,2% dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka; management diri; motivasi belajar; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Mar 2024 09:39
Last Modified: 25 Mar 2024 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum