PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Sitti Maryam Mustafa, NIM.: 19104050004 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
19104050004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METODE EKSPERIMEN PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
19104050004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan guru dan peserta didik akan ketersedian bahan ajar yang mendukung karakteriskik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan LKPD berbasis metode eksperimen pada materi alat optik untuk Peserta Didik SMA/MA 2) Mengetahui kualitas LKPD berbasis metode eksperimen pada materi alat optik untuk Peserta Didik SMA/MA 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis metode eksperimen pada materi alat optik untuk Peserta Didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan 4D oleh Thiaharajan (1976). Tahap pengembangan meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop dengan melakukan uji coba terbatas. Penilaian produk dan respon peserta didik menggunakan skala likert dengan 4 kategori. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar penilaian kualitas LKPD, dan lembar respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah LKPD berbasis metode eksperimen pada materi alat optik untuk Peserta Didik SMA/MA. Kualitas LKPD Berbasis Metode Eksperimen pada Materi Alat Optik untuk SMA/MA Kelas IX yang dikembangkan berdasarkan pada penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika memperoleh kriteria sangat Baik (SB) dengan rerata skor masing-masing sebesar 3,55; 3,57; 3,63. Uji respon peserta didik yang dilakukan yaitu uji coba terbatas oleh sembilan peserta didik kelas XII MIPA 1 di salah satu SMA Negeri di kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Uji coba terbatas memperoleh kriteria Sangat Setuju (SS) dengan rerata skor 3,76 dan penilaian hasil kerja peserta didik pada LKPD yang diperoleh nilai rata-rata 79 . Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Metode Eksperimen pada Materi Alat Optik dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada materi alat optik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nira Nurwulandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD; metode ekspeirmen; alat optik
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 10:12
Last Modified: 26 Mar 2024 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum