STRATEGI MAHASISWA PLP-KKN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DIPONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yahitd Muhammad Shaleh ID, NIM.:19104010110 (2023) STRATEGI MAHASISWA PLP-KKN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DIPONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MAHASISWA PLP-KKN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DIPONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MAHASISWA PLP-KKN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DIPONEGORO TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah MI Ma’arif Diponegoro yang merupakan sekolah dengan budaya yang mengedepankan nilai-nilai budi pekerti. Berdasarkan hasil observasi diperoleh selama kurang lebih tiga bulan ketika pelaksanaan PLP-KKN Integratif, masih terdapat kurangnya tingkat membaca pada siswa. Bahwa minat baca adalah keinginan yang disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Di mana orang yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkan untuk menambah bahan bacaan sesuai keinginannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor penghambat siswa dalam menumbuhkan minat baca mereka. Mengatasi persaingan ini diperlukan sumber daya terutama sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan, upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia salah satunya melalui pendidikan dengan mendapatkan pendidikan maka manusia akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru serta memperdalam ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan ditentukan melalui Purposive Sampling. Data dianalisis dengan cara memaparkan data dan menarik kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan (1) Tingkat minat membaca siswa MI Ma’arif Diponegoro dapat dikategorikan rendah. (2) Strategi yang digunakan oleh mahasiswa PLP-KKN dalam menumbuhkan minat membaca yaitu, program literasi. (3) Faktor pendukung yang menunjang strategi mahasiswa PLP-KKN dalam menumbuhakan minat baca siswa yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung serta motivasi yang diberikan oleh mahasiswa PLP-KKN, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi mahasiswa PLP-KKN adalah kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya membaca, siswa kurang berkunjung ke perpustakaan, siswa lebih memilih bermain dan bercerita ketimbang membaca buku bacaan dan kurangnya budaya membaca yang ditanamkan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan; Minat Baca; Strategi Perencanaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Perpustakaan > Minat Baca
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 11:16
Last Modified: 26 Mar 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum