STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN

Zulfah Nurul Auliya, NIM.: 19104080019 (2024) STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN)
19104080019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK KELAS 6 DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN)
19104080019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan banyak sekali tantangan dan rintangannya salah satunya yaitu adanya degradasi karakter atau penurunan karakter pada peserta didik usia remaja. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah dengan penanaman ataupun pengembangan karakter pada peserta didik usia sekolah dasar dengan strategi yang efektif dan efisien. Maka model stategi yang cocok digunakan adalah strategi pembiasaan. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman, (2) bagaimana hasil pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan peserta didik kelas 6 di SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman itu dibagi menjadi 2 yaitu pembiasaan yang ada di sekolah yang mana artinya dilakukan oleh seluruh peserta didik yang ada di SDIT Salsabila 8 Pandoworahjo Sleman seperti pembiasaan mengucapkan salam dan bersalaman dengan ustadz ustadzah ketika datang ke sekolah, apel dan senam pagi, piket leadership soul, shalat Dhuha, shalat Zuhur, halaqah kisah, tahfidz, tasmi’, public speaking, market day, digusting, mabit, upacara bendera setiap hari senin dan hari peringatan nasional. Sedangkan untuk pembiasaan yang ada di dalam kelas 6 sendiri yaitu memulai pembelajaran dengan berdoa, pengecekan kesiapan peserta didik dalam memulai pembelajaran, presentasi, petugas piket mengambil snack dan makan siang, makan siang bersama dan doa bersama, muraja‘ah surah 15 menit sebelum bel pulang sekolah berbunyi, pemilihan petugas upacara dan mabit khusus kelas 6. Kedua yaitu hasil strategi pembiasaan dalam pengembangan karakter kepemimpinan diantarannya adalah akhlak dengan pembiasaan berdoa ketika memulai pembelajaran ataupun saat berakhirnya pembelajaran, mengucapkan salam, hafalan surah, tahfidz, tasmi’, shalat Dhuha, shalat Zuhur, berdzikir. Komunikasi dengan adanya pembiasaan halaqah kisah, public speaking, presentasi dan digusting. Mampu bekerja dalam kelompok dengan adanya piket leadership soul, piket kelas, kelompok belajar (tugas kelompok), market day, mabit dan upacara bendera. Mampu mengambil keputusan dengan adanya diskusi kelompok, tugas kelompok, pemilihan petugas upacara, mengambil keputusan dalam struktur organisasi kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: karakter kepemimpinan; peserta didik; sekolah dasar; pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Mar 2024 13:14
Last Modified: 26 Mar 2024 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum