PENGARUH KOMUNIKASI MASSA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR

Ahmad Ihsani Ghiyas, NIM.: 19102040099 (2024) PENGARUH KOMUNIKASI MASSA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMUNIKASI MASSA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR)
19102040099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMUNIKASI MASSA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR)
19102040099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai macam cara untuk melakukan kegiatan dakwah Islam, salah satunya melalui media sosial. Salah satu media sosial yang popular digunakan yaitu Instagram. Fenomena dakwah di Instagram memunculkan pertanyaan tentang efektivitas Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi massa terhadap efektivitas dakwah pada akun Instagram @husein_hadar. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi massa dan efektivitas dakwah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengikut akun Instagram @husein_hadar yang berjumlah 1,2 juta pengikut. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan rumus slovin dan diperoleh 100 sampel yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara komunikasi massa terhadap efektivitas dakwah pada akun Instagram @husein_hadar. Hal ini dapat dilihat dari responden yang memiliki kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, dan kebutuhan behavior ketika menonton video dakwah pada akun tersebut, akan tetapi bukan menjadi faktor utama dalam memengaruhi efektivitas dakwah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji koefisien determinasi sebesar 50,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa komunikasi massa (variabel X) berpengaruh terhadap efektivitas dakwah (variabel Y) sebesar 50,6%. Sedangkan sisanya 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shofi’unnafi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Massa, Dakwah, Instagram
Subjects: Media Sosial
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2024 13:53
Last Modified: 26 Mar 2024 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum