IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI MTsN 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024

Maula Arina, NIM.: 19104020007 (2024) IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI MTsN 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI MTsN 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI MTsN 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media Strip Story dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII, dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam mendeskripsikan implementasi media Strip Story dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan latar di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Kediri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Kediri. Metode analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, sajian data, dan verivikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi media strip story dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII cukup baik, dilaksanakan melalui tiga tahap kegiatan pembelajaran yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan cara evaluasi proses belajar (2) Adapun faktor pendukung pada implementasi media strip story dalam pembelajaran bahasa Arab umtuk meningkatkan keterampilan menulis adalah media pembelajaran yang praktis dan mudah dibuat, antusiasme peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar menggunakan media strip story, dan Beberapa peserta didik alumni MI atau pernah belajar bahasa arab sebelumnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang cenderung singkat serta mata pelajaran bahasa arab yang dijadwalkan di siang hari, dan Beberapa peserta didik alumni SDN atau belum pernah belajar bahasa Arab sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; keterampilan menulis; bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Mar 2024 13:28
Last Modified: 27 Mar 2024 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum