PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI CARD MATCH CIRCLE PADA MATERI POKOK PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM

Arina Amaly Hasna, NIM.: 18106080030 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI CARD MATCH CIRCLE PADA MATERI POKOK PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI CARD MATCH CIRCLE PADA MATERI POKOK PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM)
18106080030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI CARD MATCH CIRCLE PADA MATERI POKOK PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM)
18106080030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk; 1) mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X MA Ali Maksum. 2) Untuk mengetahui kualitas media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X SMA/MA. 3) Untuk mengetahui respon siswa media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X SMA/MA Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun dibatasi hanya sampai tahap Development. Media pembelajaran biologi Card Match Circle menggunakan instrumen berupa lembar angket, yaitu angket penilaian ahli, peer reviewer, guru biologi, dan respon siswa. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 36 siswa kelas X B MIA MA Ali Maksum Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X MA/SMA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa 1) pengembangan produk media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X SMA /MA, 2) kualitas produk media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X SMA/MA secara keseluruhan memiliki kualitas sangat baik (SB). Kualitas media pembelajaran biologi Card Match Circle ditunjukan dengan persentase 87.6 %, 3) respon siswa pada saat dilakukan uji coba terbatas yaitu sebesar 89% dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, maka kualitas media pembelajaran biologi Card Match Circle materi pokok untuk siswa kelas X SMA/MA memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Card Match Circle; Protista
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Mar 2024 13:32
Last Modified: 27 Mar 2024 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum