PERSEPSI SISWA TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

FANDY HIDAYAT, NIM.: 07140023 (2011) PERSEPSI SISWA TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip kuantitatif, Sampel dalam penelitian ini adalah pemustaka yaitu siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebanyak 81 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Untuk memperoleh data yang valid penulis menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Pengumpulan data utama dengan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala likert dan data penunjang dengan wawancara kepada pustakawan. Dari hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel dan dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan penelitian. Hasil dari penelitian mengenai persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, berdasarkan sekala interval didapat hasil dari persepsi siswa terhadap indikator fungsi perpustakaan sebesar (2,95) yang tergolong baik, hasil dari indikator koleksi perpustakaan sekolah sebesar (2,91) yang tergolong baik, hasil dari indikator sarana perpustakaan sebesar (2,98) tergolong baik, serta hasil dari indikator kinerja pustakawan sebesar (2,95) tergolong baik pula. Berdasarkan hasil analisis data keseluruhan diketahui nilai rata-rata adalah (2,94), jadi berdasarkan skala interval dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 7 Yogyakarta tergolong baik. namun demikian perpustakaan SMA Negeri 7 Yogyakarta harus lebih meningkatkan lagi peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, agar dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrihuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, kegiatan belajar mengajar)
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:04
Last Modified: 17 Jul 2023 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum