PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS 5 SD NGOTO SEWON BANTUL

Anggi Rahmat Saputra, NIM.: 18104080051 (2023) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS 5 SD NGOTO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS 5 SD NGOTO SEWON BANTUL)
18104080051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS 5 SD NGOTO SEWON BANTUL)
18104080051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan sekolah banyak menyediakan sumber belajar yang sangat beragam untuk dapat dipelajari. Kurikulum 13 yang saat ini banyak menggunakan aktivitas di luar kelas dan memberikan pembelajaran pengalaman langsung kepada peserta didik. Melalui lingkungan sekolah, peserta didik diajak untuk memetik berbagai pengalaman dan pengetahuan di luar kelas. Ketika peserta didik dikenalkan dengan materi tentang kegiatan interaksi yang dilakukan di lingkungan sekolah, kegiatan jual beli, dan juga pembuatan apotek hidup dengan pengelolaan jamu, maka media lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran Kelas V di SDN Ngoto Bangunharjo Sewon Bantul sudah melakukan kegiatan menanam pohon kesehatan (apotek hidup) sejak lama sehingga pelaksanaan dan penanggung jawab sudah ada dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Lingkungan yang digunakan sebagai sumber dan sarana pembelajaran adalah di halaman yang berada di pinggir lapangan sekolah SDN Ngoto. Halaman dan pinggir lapangan sekolah menjadi sarana pembelajaran baik akademik maupun non akademik yang nantinya mampu meningkatkan kegiatan belajar melalui apotek hidup di SDN Ngoto. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran cukup efektif menambah motivasi belajar dibuktikan peserta didik aktif mengamati, berdiskusi kelompok dan bertanya-jawab. Belajar di lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan ini berjalan lebih efektif dibandingkan hanya belajar didalam ruangan kelas jika tidak ada faktor yang menghambat karena tidak membosankan bagi peserta didik, di mana guru (fasilitator) memberitahu kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada hari itu dan kegiatan yang akan dilaksanakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah; sumber belajar; motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Apr 2024 10:13
Last Modified: 03 Apr 2024 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum