METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Anisa Novia Ardania, NIM.: 19104030069 (2024) METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
19104030069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE GURU DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-20 Di KELOMPOK B RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
19104030069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman bilangan 1-20 di kelompok B RA Ar Rafif. Pada umumnya kelompok B dalam rentan usia 5-6 tahun yang diharapkan mampu berpikir simbolik seperti menyebutkan, mencocokkan, dan mengurutkan bilangan 1-20, namun di kelompok B RA Ar Rafif terdapat anak yang terbalik dalam menghafal angka karena bentuk angka yang mirip, maka masih diperlukannya bantuan guru dalam belajar mengenai bilangan. Dari 19 anak terdapat 4 anak yang belum menguasai bilangan 1-20, 14 anak yang masih memerlukan bantuan dan hanya 1 anak yang mampu menguasai bilangan 1-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode yang diterapkan guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengenalkan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menjabarkan berupa tulisan naratif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelompok B. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 di kelompok B RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta: (1) Metode guru dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu dengan metode eksperimen, metode bercerita, metode bermain, metode bernyanyi dan metode pemberian tugas. (2) Faktor pendukung dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu fasilitas sekolah, skill tenaga pendidik yang kreatif, dan kerjasama antara guru dan orangtua yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam mengenalkan bilangan 1-20 yaitu peran orangtua yang kurang aktif, suasana hati anak, dan kurangnya media loose part.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: early childhood; bilangan; metode pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Apr 2024 10:29
Last Modified: 03 Apr 2024 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum