EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) DI MIS AL ISLAM TEMPEL

Arie Nur Azizah, NIM.: 19104080078 (2024) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) DI MIS AL ISLAM TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) DI MIS AL ISLAM TEMPEL)
19104080078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) DI MIS AL ISLAM TEMPEL)
19104080078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak lembaga yang mengembangkan program tahfidzul qurán terlebih, banyak orang tua yang berharap anak-anaknya dapat memahami serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qurán di kehidupan sehari-hari. Salah satu madrasah yang menerapkan program tahfidzul qurán adalah MIS Al-Islam Tempel. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan oleh peneliti pada bulan Oktober 2022 di MIS Al-Islam Tempel ditemukan beberapa fakta yang terjadi di lapangan, yaitu : (1) metode hafalan yang digunakan setiap guru BTAQ di MIS Al-Islam Tempel berbeda-beda, (2) terdapat perbedaan cara mengajar guru dalam BTAQ yang berakibat siswa harus menyesuaikan pembelajaran BTAQ pada tingkat selanjutnya, (3) siswa belum mandiri dan sadar terhadap tanggung jawabnya untuk menghafalkan Al Qu’ran, (4) banyak faktor penghambat, salah satunya pembelajaran BTAQ ditaruh di jam 1 siang. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana evaluasi program tahfidzul qur’an dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) di MIS Al-Islam Tempel pada aspek konteks (2) bagaimana evaluasi program tahfidzul qur’an dalam pembelajaran BTAQ di MIS Al Islam Tempel pada aspek masukan (3) bagaimana evaluasi program tahfidzul qur’an dalam pembelajaran BTAQ di MIS Al Islam Tempel pada aspek proses, dan (4) bagaimana evaluasi hasil pada pelaksanaan program tahfidzul qur’an dalam pembelajaran BTAQ di MIS Al Islam Tempel. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode evaluasi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al-Islam Tempel dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah MIS Al-Islam Tempel, Koordinator pembelajaran BTAQ, guru pengampu tahfidzul qurán dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan cara memilah data yang diperlukan, dilanjutkan dengan menyajikan data dalam bentuk uraian dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Evaluasi konteks pada program tahfidzul qur’an di MIS Al-Islam Tempel menunjukan bahwa latar belakang dan tujuan di adakannya program tahfidzul qur’an cukup jelas, tetapi belum ada strategi khusus, (2) hasil evaluasi input pada program tahfidzul qurán di MIS Al-Islam Tempel menunjukkan bahwa kemampuan guru yang sudah memadahi, sedangkan kemampuan siswa sudah cukup baik dan sarana prasrana di MIS Al-Islam Tempel juga memadai, (3)evaluasi proses pada program tahfidzul qurán di MIS Al-Islam Tempel dari segi pelaksanaan berjalan dengan cukup baik, meski terdapat hambatan yang ditemui siswa dan guru, (4) evaluasi produk pada program tahfidzul qurán menunjukkan bahwa target hafalan siswa belum tercapai seluruhnya, terdapat penilaian sumatif dan formatif, belum ada tindak lanjut terhadap siswa, namun memberikan dampak positif bagi siswa. Temuan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan yang signifikan untuk pengembangan program serupa di institusi pendidikan lainnya. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas program pembelajaran Al-Qur'an di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Jauhar Hatta, S. Ag, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul quran; Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTAQ); CIPP Evaluation Model
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Apr 2024 10:59
Last Modified: 03 Apr 2024 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum