AS-SHIRA’ AS-SYAKHSSIY LI SYAKHSIYYAH AL-RA’ISIYYAH FI AL-RIWAYAH ANA HURRAH LI IHSAN ABDUL QUDDUS (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJTIMAIYYAH LI KAREN HORNEY)

Nabilla, NIM.: 18101010007 (2023) AS-SHIRA’ AS-SYAKHSSIY LI SYAKHSIYYAH AL-RA’ISIYYAH FI AL-RIWAYAH ANA HURRAH LI IHSAN ABDUL QUDDUS (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJTIMAIYYAH LI KAREN HORNEY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AS-SHIRA’ AS-SYAKHSSIY LI SYAKHSIYYAH AL-RA’ISIYYAH FI AL-RIWAYAH ANA HURRAH LI IHSAN ABDUL QUDDUS (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJTIMAIYYAH LI KAREN HORNEY))
18101010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AS-SHIRA’ AS-SYAKHSSIY LI SYAKHSIYYAH AL-RA’ISIYYAH FI AL-RIWAYAH ANA HURRAH LI IHSAN ABDUL QUDDUS (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJTIMAIYYAH LI KAREN HORNEY))
18101010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “As-shira’ as-syakhssiy li Syakhsiyyah al-Ra’isiyyah fi al-Riwayah Ana Hurrah li Ihsan Abdul Quddus (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Ijtimaiyyah Li Karen Horney)”. Skripsi ini berfokus pada konflik interpersonal yang ada pada tokoh utama di dalam novel Ana Hurrah karya Ihsan Abdul Quddus yang bernama Aminah menggunakan teori psikoanalisis sosial Karen Horney. Peneliti tertarik untuk menganalisis novel Ana Hurrah ini karena Aminah mengalami peristiwa-peristiwa traumatis saat masa kecilnya yang mengakibatkan adanya konflik interpersonal. Konflik interpersonal tersebut mengakibatkan timbulnya rasa permusuhan dasar dan kecemasan dasar. Sehingga adanya kebutuhan yang bersifat pribadi dan kebutuhan ini merupakan usaha untuk menemukan suatu permasalahan yang terjadi dalam hubungan antar individu Kebutuhan ini disebut kebutuhan neurotik. dan upaya dalam mengatasi konflik interpersonal adalah menemukan satu dari tiga arah perilaku neurotik yang dikenal dengan sebutan kecenderungan neurotik. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bentuk konflik interpersonal tokoh utama dalam novel Ana Hurrah karya Ihsan Abdul Quddus dan upaya mengatasi konflik interpersonal tersebut melalui analisis sebab munculnya kecemasan dasar dan permusuhan dasar pada tokoh utama dalam novel Ana Hurrah karya Ihsan Abdul Quddus, untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan neurotik yang ada pada tokoh utama dalam novel Ana Hurrah, dan untuk mengetahui upaya mengatasi konflik tokoh utama dalam novel Ana Hurrah karya Ihsan Abdul Quddus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa peneliti menemukan bahwa dalam novel ini Aminah memiliki konflik interpesonal dengan paman dan bibinya, lelaki tentangga yang melecehkanya saat berumur sepuluh tahun, dan orang-orang di lingkungan tempat tinggalnya. Konflik interpersonal dapat dilihat melalui penyebab kecemasan dasar dan permusuhan dasar yang dialaminya. Aminah mengalami permusuhan dan kecemasan dasar yang disebabkan oleh tiga faktor, pertama disebabkan oleh kekerasan yang dialami Aminah saat kecil berupa pukulan dan tamparan dari bibi dan pamanya, kedua disebabkan oleh pelecehan seksual yang dialami Aminah ketika berumur sepuluh tahun, dan ketiga lingkungan sosial tempat Aminah tinggal penuh dengan tekanan. Adapun kebutuhan neurotik yang ada pada Aminah yaitu terdapat empat kebutuhan dari sepuluh kebutuhan yang dipaparkan oleh Karen Horney. Pertama kebutuhan akan kekuasaan (the neurotic needs for power), kedua kebutuhan untuk mengeksploitasi orang lain (the neurotic need to exploit others), ketiga kebutuhan akan kekaguman pribadi (the neurotic need for personal admiration), keempat kebutuhan akan kemandirian dan kebebasan (the neurotic need for self sufficiency and independence). Aspek kebutuhan neurotik yang ada pada Aminah tersebut mempengaruhi munculnya kecenderunga neurotik pada diri Aminah, yaitu Aminah cenderung melawan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Konflik Interpersonal, Permusuhan Dasar dan Kecemasan Dasar, Kebutuhan-Kebutuhan Neurotik, Kecenderungan Neurotik.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Apr 2024 14:40
Last Modified: 04 Apr 2024 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum