AL-BINAYAH AL-IJTIMA'IYAH WA AL-QAYIM AL-IJTIMA'IYAH FI AR-RIWAYAH BANATI AR-RIYAD LI RAJAI ASH-SHANI (DIRASAH TAHLILITYAH FI ILM AL-ADAB AL-IJTIMAIYAH 'INDA RENE WELLEK WA AUSTIN WARREN)

Ummul Magfiroh, NIM.: 18101010098 (2023) AL-BINAYAH AL-IJTIMA'IYAH WA AL-QAYIM AL-IJTIMA'IYAH FI AR-RIWAYAH BANATI AR-RIYAD LI RAJAI ASH-SHANI (DIRASAH TAHLILITYAH FI ILM AL-ADAB AL-IJTIMAIYAH 'INDA RENE WELLEK WA AUSTIN WARREN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-BINAYAH AL-IJTIMA'IYAH WA AL-QAYIM AL-IJTIMA'IYAH FI AR-RIWAYAH BANATI AR-RIYAD LI RAJAI ASH-SHANI (DIRASAH TAHLILITYAH FI ILM AL-ADAB AL-IJTIMAIYAH 'INDA RENE WELLEK WA AUSTIN WARREN))
18101010098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL-BINAYAH AL-IJTIMA'IYAH WA AL-QAYIM AL-IJTIMA'IYAH FI AR-RIWAYAH BANATI AR-RIYAD LI RAJAI ASH-SHANI (DIRASAH TAHLILITYAH FI ILM AL-ADAB AL-IJTIMAIYAH 'INDA RENE WELLEK WA AUSTIN WARREN))
18101010098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek material novel Banat Ar-Riyadh Karya Rajaa’ Al-Sanea yang bertujuan untuk mendeskripsikan struktur sosial pada masyarakat yang ada di dalam novel Banat Ar-Riyadh dengan latar tempat di Saudi arabia, serta untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terkandung didalam novel tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Banat Ar-Riyadh yang dikisahkan penulis dengan latar cerita yang sangat menarik. Novel ini adalah novel perdana al-Sanea dan sempat mendapat penolakan ketika ingin menerbitkan tulisannya di Saudi. Di era yang cukup modern namun masih terdapat kungkungan budaya patriarki didalam masyarakat menjadikan novel ini menarik untuk dibaca dan diteliti. Novel ini menceritakan kisah cinta empat tokoh utama yaitu Qamrah, Sadim, Michelle, dan Lamis. Serta menceritakan keadaan masyarakat dan pemerintahan yang ada di Saudi. Penelitian ini berfokus pada struktur sosial dan nilai-nilai yang terkandung didalam novel Banat Ar-Riyadh menggunakan teori sosiologi sastra Wellek & Warren. Penelitian ini termasuk penelitian Library Research yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah struktur sosial berupa masyarakat patrilineal yaitu masyarakat yang menggunakan sistem kekeluargaan yang menarik garis keturunan dari pihak laki-laki, dan perlakuan yang dominan atas kaum perempuan yang ditunjukkan melalui status dan peran, dinamika sosial berupa penyimpangan sosial, serta kebudayaan masyarakat yang ada didalam novel tersebut. Selain itu terdapat nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Banat Ar-Riyadh meliputi nilai kasih sayang yang terdiri (atas tolong menolong, kesetiaan, dan kepedulian), nilai tanggungjawab (empati), nilai keserasian hidup (toleransi, kerja sama) serta nilai patuh dan sabar. Dan masalah-masalah sosial seperti disorganisasi keluarga dan kenakalan remaja, kemudian gambaran tentang masyarakat dalam novel Banat Ar-Riyadh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Uki Sukiman, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Struktur sosial, Nilai Sosial, Masalah Sosial, Gambaran Masyarakat, Sosiologi Sastra Wellek & Warren
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Apr 2024 10:46
Last Modified: 05 Apr 2024 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum