ANALISIS PENGARUH FINTECH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi kasus Pada Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2022)

I’anatul Aulia, NIM.: 20108030084 (2024) ANALISIS PENGARUH FINTECH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi kasus Pada Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH FINTECH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi kasus Pada Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2022))
20108030084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH FINTECH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DENGAN UKURAN BANK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi kasus Pada Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2022))
20108030084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fintech terhadap kinerja keuangan perbankan serta menguji apakah ukuran bank dapat memoderasi pengaruh fintech terhadap kinerja keuangan perbankan. Penerapan fintech (financial technology) pada perbankan bertujuan untuk memberikan inovasi pada perbankan dalam penggunaan layanan digital untuk mendorong keuangan dan akses masyarakat terhadap layanan keuangan. Layanan fintech perbankan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan mobile banking, internet banking, dan sms banking. Sedangkan kinerja keuangan perbankan diukur dengan menggunakan nilai ROA (Return on Asset). Dalam penelitian ini menggunakan ukuran bank sebagai variabel moderasi yang diukur dengan nilai total aset. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar seluruh perbankan syariah yang menerapkan layanan fintech dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2022. Metode sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Berdasarkan metode sampel yang diperoleh sampel sebanyak 4 bank sehingga total sampel yaitu 32 observasi selama 8 tahun periode. Hasil dalam penelitian ini menunjukan mobile banking berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan. Sedangkan internet banking berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan, begitu pula sms banking berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan. Sedangkan uji moderasi dalam penelitian ini menghasilkan ukuran bank tidak dapat memperkuat mobile banking, internet banking dan sms banking berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ratna Sofiana, S.H., M.SI
Uncontrolled Keywords: fintech; financial performance; bank size
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Apr 2024 13:24
Last Modified: 05 Apr 2024 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum