PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ELEKTRIK SENYAWA ELEKTROLIT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SENYAWA ELEKTROLIT NON ELEKTROLIT

Muchamad Hendra Andi Laksana, NIM.: 17106070005 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ELEKTRIK SENYAWA ELEKTROLIT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SENYAWA ELEKTROLIT NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ELEKTRIK SENYAWA ELEKTROLIT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SENYAWA ELEKTROLIT NON ELEKTROLIT)
17106070005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ELEKTRIK SENYAWA ELEKTROLIT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SENYAWA ELEKTROLIT NON ELEKTROLIT)
17106070005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Senyawa elektrolit merupakan salah satu materi yang terdapat pada pembelajaran kimia di sekolah SMA/MA. Materi ini merupakan salah satu materi ketika praktikum menggunakan bahan alami maupun berbahaya. Hal ini memungkinkan peserta didik dapat terkena larutan yang berbahaya karena tidak mengetahui jenis larutan. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan suatu produk media kartu elektrik senyawa elektrolit non elektrolit berbasis kontekstual sebagai simulasi agar peserta didik tidak terkena larutan yang berbahaya saat pembelajaran ataupun praktikum. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu metode dengan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dibatasi hanya sampai ke tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan ini sudah di review oleh Peer reviewer dan divalidasi oleh ahli materi dan materi. Kualitas produk dinilai oleh lima guru SMA/MA. penilaian produk tersebut menggunakan instrumen penilaian skala likert empat kategori yaitu sangat baik (SB), baik (B), kurang (K), dan sangat kurang (SK). Produk yang dikembangkan merupakan kartu elektrik senyawa elektrolit non elektrolit berbasis kontekstual pada materi senyawa elektrolit non elektrolit. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah guru maupun peserta didik dalam mengidentifikasi senyawa elektrolit atau senyawa non elektrolit. Senyawa elektrolit atau non elektrolit ada yang berbahaya sehingga jika terkena anggota tubuh maka akan berakibat fatal. Oleh karena itu, media ini dikembangkan agar guru atau peserta didik dapat mengidentifikasi senyawa dengan aman tanpa takut terkena larutan yang berbahaya. Hasil validasi materi mendapat kategori sangat baik (SB) dengan presentase indeks 94,5%.validasi media mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan presentase indeks 92,8% dan dinyatakan valid. Sedangkan hasil yang didapat dari penilaian guru sebanyak lima guru kimia mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan presentase indeks 86,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kartu, Media Pembelajan, Senyawa Elektrolit Non Elektrolit
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:19
Last Modified: 19 Apr 2024 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum