PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MA’ARIF YOGYAKARTA

Risky Halim Putra, NIM.: 18104010018 (2024) PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MA’ARIF YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MA’ARIF YOGYAKARTA)
18104010018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MA’ARIF YOGYAKARTA)
18104010018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era digital menjadikan pendidikan semakin mudah dan efisien. Siswa sendiri saat ini banyak yang memiliki gadget dengan teknologi canggih di dalamnya. Sehingga dalam pembelajaran pun perlu memanfaatkan media jarak jauh yang bisa diakses kapan pun dan dimanapun. Namun masih banyak pendidik yang kurang memiliki keahlian teknologi terbaru saat ini khususnya dalam media pembelajaran jarak jauh. Hal ini perlu untuk meningkatkan mutu pembelajaran maupun menghadapi masa modern. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media sosial yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif Yogyakarta. (2) Menjelaskan bagaimana media sosial yang ada di fungsikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru m ata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, dan Siswa-Siswi SMA Ma’arif Yogyakarta. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk model analisis datanya penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif Miles dan Huberman, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Untuk keabsahan datanya penulis menggunkan teknik triangulasi data, yaitu pengecekkan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan dalam waktu berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam Pembelajaran memberikan model pembelajaran siswa yang menyenangkan melalui media Google Classroom. Media yang disenangi siswa sangat banyak seperti, Google Classroom, Youtube, Instagram dan Whatsapp menjadi media yang paling sering digunakan. Beberapa media tersebut memberikan efek yang sangat signifikan terhadap motivasi belajar siswa sehingga siswa tidak mudah bosan dan siswa bebas mengekspresikan kecerdasan dan kreatifitas dalam belajar dengan media sosial yang digunakanya. (2) Guru memberikan bimbingan pendampingan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media sosial Whatsapp. Pembelajaran guru melakukan pemantauan-pemantaun atau kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran, kegiatan tersebut ada yang terstruktur maupun tidak struktur tergantung kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:31
Last Modified: 19 Apr 2024 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum