PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTs MA’ARIF 01 TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Nur Rafik Allail, NIM.: 19104010066 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTs MA’ARIF 01 TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTs MA’ARIF 01 TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023)
19104010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTs MA’ARIF 01 TULAKAN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023)
19104010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Tingkat pemahaman peserta didik yang tergolong rendah, menuntut pendidik untuk kreatif dan inovatif dalam penggunaan metode pembelajaran. Terdapat banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan salah satunya adalah metode jigsaw. Metode pembelajaran jigsaw adalah proses belajar kelompok dimana setiap peserta didik mengajarkan sesuatu artinya setiap anggota harus menyumbangkan ide, informasi, pengalaman, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya. Untuk itu peneliti mencoba mengkaji fenomena yang terjadi di MTs Ma’arif 01 Tulakan Pacitan, dimana di MTs tersebut masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional, hal tersebut menjadikan peserta didik menjadi lebih pasif dan tingkat pemahaman cenderung rendah. Peneliti mencoba menerapkan metode Pembelajaran jigsaw dan mencari apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap tingkat pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian One Group Pretest-posttest Design. Dengan teknik analisis data menggunakan metode tes berupa tes uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw di kelas VIII MTs Ma’arif 01 Tulakan Pacitan, tergolong sedang dengan presentase 80%. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik yang mendapat skor sedang. (2) Tingkat pemahaman peserta didik yang tidak menggunakan metode pembelajaran Jigsaw di kelas VIII MTs Ma’arif 01 Tulakan Pacitan, tergolong sedang dengan presentase 75%. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik yang mendapat skor sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan tingkat pemahaman peserta didik dengan metode jigsaw, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa to lebih besar daripada tt pada taraf signifikansi 5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Tingkat Pemahaman, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:51
Last Modified: 22 Apr 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum