EFEKTIVITAS APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 MTs DARUL ISTIQAMAH AL MARKAZ AL ISLAMY KABUPATEN SINJAI SULAWESI SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Hilyatul Auliya, NIM.: 19104020001 (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 MTs DARUL ISTIQAMAH AL MARKAZ AL ISLAMY KABUPATEN SINJAI SULAWESI SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 MTs DARUL ISTIQAMAH AL MARKAZ AL ISLAMY KABUPATEN SINJAI SULAWESI SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 MTs DARUL ISTIQAMAH AL MARKAZ AL ISLAMY KABUPATEN SINJAI SULAWESI SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi Canva, untuk mengetahui apakah aplikasi Canva efektif digunakan sebagai media pembelajaran, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method dan mengambil objek penelitian di MTs Darul Istiqamah Al Markaz Al Islamy Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner (angket), dan tes. Teknik analis data kualitatif menggunakan kondensasi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk data kuantitatif. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berjalan dengan baik setiap pertemuannya, peserta didik terkondisikan dengan baik. Desain Canva sebagai media pembelajaran rata-rata menggunakan slide presentasi, namun peserta didik tetap tertarik akan hal itu. Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran juga ada relevansinya dengan materi yang diajarkan. 2) Efektivitas aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa Arab dapat dikategorikan efektif karena nilai persentase peserta didik di atas KKM dengan persentase sebesar 75%, dengan nilai rata-rata 79,8. 3) Faktor pendukung penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran yaitu adanya ketertarikan dan semangat belajar peserta didik, tersedianya fasilitas sekolah yang memadai, serta adanya keterampilan, kemampuan, dan kreatifitas guru. Faktor penghambat yaitu guru belum mendapatkan verifikasi Canva untuk pendidikan, serta keterbatasan peserta didik untuk mengakses aplikasi Canva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq., S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Media Aplikasi Canva, Bahasa Arab, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:22
Last Modified: 22 Apr 2024 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum