PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE JOGJA MADRASAH DIGITAL TERHADAP LITERASI MEMBACA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 3 BANTUL

Muhammad Kholilurrohman, NIM.: 20104010087 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE JOGJA MADRASAH DIGITAL TERHADAP LITERASI MEMBACA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE JOGJA MADRASAH DIGITAL TERHADAP LITERASI MEMBACA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 3 BANTUL)
20104010087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE JOGJA MADRASAH DIGITAL TERHADAP LITERASI MEMBACA BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 3 BANTUL)
20104010087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat rendahnya literasi membaca peserta didik di jenjang Madrasah Aliyah. Bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh website Jogja Madrasah Digital terhadap literasi membaca pada Bidang Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di MAN 3 Bantul dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian mengambil lokasi di MAN 3 Bantul. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kelompok kelas, sehingga ditentukan subjek sejumlah 60 peserta didik dari kelas XI F dan XI G. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket pre-test dan post-test. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik yaitu Uji T dengan bantuan SPSS 21 yang bertaraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada penggunaan website Jogja Madrasah Digital terhadap literasi membaca bidang Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di MAN 3 Bantul. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan diantara nilai pretest dengan posttest kelompok eksperimen. Dimana H0 ditolak dan Ha diterima, maka ditarik kesimpulan website Jogja Madrasah Digital memiliki pengaruh terhadap literasi membaca bidang Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di MAN 3 Bantul. Kemudian perbedaan yang signifikan literasi membaca bidang Pendidikan Agama Islam dengan website Jogja Madrasah Digital antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas XI di MAN 3 Bantul. Berdasarkan Uji Independent Sample T Test Thitung > Ttabel (4,102 > 1,671) dan signifikansi nilai p-value lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05) menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan literasi membaca peserta didik dengan penerapan website Jogja Madrasah Digital pada bidang Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Website Jogja Madrasah Digital, Literasi Membaca, Bidang Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 11:25
Last Modified: 22 Apr 2024 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum