PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE (MOBIRISE) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA

Supatmi Wulandini, NIM.: 20104060009 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE (MOBIRISE) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE (MOBIRISE) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA)
20104060009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE (MOBIRISE) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA)
20104060009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di abad 21 menuntut peningkatan mutu pendidikan. Namun media pembelajaran yang digunakan disekolah masih berupa buku cetak kimia dan menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga siswa merasa kurang termotivasi dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang inovatif adalah media pembelajaran website. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website (mobirise) berbasis guided discovery learning pada mata pelajaran kimia SMA untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga dengan mengetahui kualitas serta respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase 100% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian dari ketiga reviewer memperoleh skor rata-rata 89,4 dan tingkat keidealan 89,4%, dengan kategori sangat baik. Hasil tanggapan 30 siswa menunjukkan skor rata-rata 92,3 dan persentase keidealan 92,3% dengan kategori sangat baik, sehingga media pembelajaran berbasis guided discovery learning dapat layak digunakan untuk pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Website, Pembelajaran Guided Discovery Learning, Larutan Penyangga
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 11:58
Last Modified: 22 Apr 2024 11:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum