EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBANTU MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA

Dinda Fatimah Nuraulia Azzahra, NIM.: 20104080010 (2024) EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBANTU MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBANTU MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA)
20104080010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING BERBANTU MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA)
20104080010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia dan gerakan literasi sekolah yang seharusnya mendukung keterampilan menyimak ternyata belum berpengaruh besar terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Muhammadiyah Sokonandi, dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang bersikap kurang serius dan tidak fokus selama proses pembelajaran, tidak memperhatikan teman sekelas ketika membacakan sesuatu, ada yang terlihat mengantuk, kurang antusias, serta kesulitan menjawab pertanyaan dari guru terkait materi yang telah diajarkan. Kemudian, belum ada penerapan metode dan media yang menarik ketika dilakukan kegiatan yang melibatkan kemampuan menyimak siswa. Diperlukan adanya penerapan metode dan pemanfaatan media pembelajaran yang akan mendukung keterampilan menyimak siswa. Storytelling adalah salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Storytelling mampu meningkatkan keterampilan bahasa anak, khususnya dalam aspek menyimak dan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode storytelling berbantu media hand puppet terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian-penelitian yang akan dilakukan selanjutnya, dapat menjadi sumbangan literatur serta dapat memberikan kontribusi bagi sekolah dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran, khususnya dalam pengembangan keterampilan menyimak. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu metode storytelling berbantu media Hand puppet sedangkan variabel dependen adalah keterampilan menyimak dongeng. Penelitian ini melibatkan siswa kelas kelas III B dan III D dari SD Muhammadiyah Sokonandi sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode storytelling dengan menggunakan media hand puppet secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III di sekolah dasar. Rata-rata nilai N-Gain (%) untuk kelompok eksperimen mencapai 83,84%, masuk kategori efektif, sementara rata-rata N-Gain (%) untuk kelompok kontrol hanya mencapai 43,46%, sehingga masuk kategori kurang efektif. Berdasarkan analisis Uji Independent Sample t-Test, ditemukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam efektivitas penggunaan metode storytelling berbantu media hand puppet dibandingkan dengan penggunaan metode storytelling terhadap keterampilan menyimak dongeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Hand Puppet, Keterampilan Menyimak Dongeng
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:10
Last Modified: 23 Apr 2024 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum