PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTERAKTIF BERBANTU AUDIO PADA MATERI SIKLUS AIR DI SD/MI

Intan Nur Ngazizah, NIM.: 201040800 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTERAKTIF BERBANTU AUDIO PADA MATERI SIKLUS AIR DI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTERAKTIF BERBANTU AUDIO PADA MATERI SIKLUS AIR DI SD/MI)
20104080014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTERAKTIF BERBANTU AUDIO PADA MATERI SIKLUS AIR DI SD/MI)
20104080014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk siswa. Siklus air merupakan proses hidrologi yang panjang dan siklus air tergolong materi yang abstrak. Maka diperlukan sebuah media untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media diorama interaktif berbantu audio yang layak digunakan menurut para ahli, mengetahui respon calon pengguna terhadap media diorama interaktif berbantu audio, dan mengetahui karakteristik diorama interaktif berbantu audio. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D (Fourth-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan angket. Angket yang digunakan dalam penelitian adalah angket validator dan angket respon peserta didik. Adapun data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis berdasarkan pedoman skala lima dan kriteria kelayakan yang dikembangkan oleh wiyoko. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi yang berjumlah 27 orang. Hasil Penilaian Diorama interaktif berbantu audio memperoleh nilai A dengan kategori “sangat baik”dari semua validator. Serta mendapatkan nilai dari Guru wali kelas sebesar 139 yang bernilai A dengan kategori “Sangat Baik”. Uji keterbacaan produk oleh peserta didik memperoleh skor 90 dengan persentase 100% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi, penilaian praktisi, dan respon peserta didik, media diorama interaktif berbantu audio mendapatkan respon yang positif sehingga media diorama yang dikembangkan layak untuk digunakan. Diorama yang dikembangkan memiliki karakteristik seperti: menghasilkan hujan buatan, sinar matahari buatan, proses penguapan, serta adanya bantuan audio untuk menjelaskan materi siklus pada saat diorama digunakan. Terdapat juga guide book yang bertujuan untuk mempermudah penggunaan media diorama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Diorama, Proses Siklus Air
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:20
Last Modified: 23 Apr 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum