PENERAPAN GERAKAN SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO

Rizqika Amanatul Khasanah, NIM.: 20104080046 (2024) PENERAPAN GERAKAN SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN GERAKAN SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN GERAKAN SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan penerapan gerakan senam otak pada siswa kelas IV A pada mata pelajaran Matematika di MI Al-Huda Karangnongko. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan gerakan senam otak dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran Matematika di MI Al-Huda Karangnongko. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun urutan tahapan dalam penelitian ini ialah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan gerakan senam otak yaitu yang awalnya hanya memiliki rata-rata observasi konsentrasi belajar siswa pada siklus I 64% untuk pertemuan pertama dan 67% untuk pertemuan kedua. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 76% untuk pertemuan pertama dan 80% untuk pertemuan kedua. Lalu untuk hasil pada angket konsentrasi belajar siswa memiliki rata-rata 64% untuk siklus I dan 77% untuk siklus II. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Matematika terdapat peningkatan konsentrasi belajar siwa khususnya pada siswa kelas IV A MI Al-Huda Karangnongko melalui penerapan gerakan senam otak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Senam Otak, Konsentrasi Belajar, Matematika, Matematika SD
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:47
Last Modified: 23 Apr 2024 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum