PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO

Nabila Tasya Rahmania, NIM.: 20104080059 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA PADA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki abad ke 21 di era revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan pesatnya perkembangan sains dan teknologi. Hal ini mengakibatkan adanya tuntutan di dunia pendidikan dimana semua guru dan murid dituntut untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan pada abad ke 21 salah satu diantaranya yaitu kreativitas. Minimnya penggunaan media pembelajaran yang mampu mengasah kemampuan kreativitas menjadikan kreativitas siswa tidak terasah dengan baik dan mengakibatkan kreativitas siswa rendah. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti menggunakan aplikasi canva pada proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi canva pada materi organ pencernaan manusia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa kelas V setelah diterapkannya media pembelajaran canva pada materi organ pencernaan manusia di MI Al-Huda Karangnongko. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model desain Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V B MI Al-Huda Karangnongko yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus 2 dengan 1 pertemuan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Adapun urutan tahapan dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan sebuah tindakan, siswa terlebih dahulu diberikan tugas menggambar dengan media buku gambar dan pensil untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, penggunaan media pembelajaran berbantuan canva pada materi organ pencernaan manusia yang dilakukan oleh guru berjalan dengan baik yaitu dengan menjadikan aplikasi canva tersebut sebagai media pembelajaran berbasis digital yang membantu menunjang proses pembuatan proyek yang dihasilkan oleh siswa. Kedua, kreativitas siswa khususnya pada materi organ pencernaan manusia mengalami peningkatan setelah dilakukan sebuah tindakan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan canva. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya peningkatan sebesar 18,5%. Dimana sebelum diberi tindakan, persentase rata-rata kreativitas siswa sebesar 59%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 kreativitas siswa meningkat mencapai 65%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 2 meningkat kembali hingga mencapai 77,5%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Canva, Kreativitas, Organ Pencernaan Manusia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 10:47
Last Modified: 23 Apr 2024 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum