KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL

Ervina Gusti Khairunisa, NIM.: 20104080065 (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL)
20104080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL)
20104080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam melakukan suatu pembelajaran guru haruslah menciptakan keadaan kelas yang aktif supaya peran seorang peserta didik di dalam kelas menjadi lebih aktif dalam pembelajaran apapun termasuk pembelajaran IPS. Hal itu dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SDIT Al-Muthi’in masih sering menggunakan metode pengajaran ceramah saja tanpa adanya penggunaan media pembelajaran di dalamnya. Hal ini berdampak pada hasil belajar dan pemahaman materi pada peserta didik. Maka dari itu, alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain pre-eksperimen. Pada desain pre-eksperimen hanya melibatkan satu kelas yaitu kelas eksperimen tanpa melibatkan kelas kontrol di dalamnya. Bentuk pre-eksperimen yang digunakan yaitu one group pretest posttest (O1 X O2 ). Dengan dilakukannya penelitian diberikan test awal atau pretest yang disimbolkan dengan O1, setalah itu diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kepada peserta didik dengan diberikan simbol X, setelah itu diberikan tes akhir atau posttest setelah diberikan perlakuan yang diberikan simbol O2. Setelah semua rangkaian penelitian dilakukan, hasil pre-test dan post-test dihitung untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran atau perlakuan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media leaflet dalam pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini terbukti melalui uji Paired Simple T-test yang menunjukkan bahwa nilai sig 0.000 < 0,05, yang berarti bahwa variabel media pembelajaran leaflet memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VB SDIT Salsabilah Al-Muthi'in. Selain itu, jika dilihat dari pembagian kategori perolehan N-Gain dalam persentase, angka N-Gain sebesar 69.0961% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran leaflet memberikan pengaruh yang efektif dan efisien ketika diterapkan dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Leaflet, IPS
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 10:51
Last Modified: 23 Apr 2024 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum