DETERMINAN PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEMBAYARAN E-WALLET LINKAJA SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Yogyakarta)

Faiz Anisran, NIM.: 21208012039 (2024) DETERMINAN PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEMBAYARAN E-WALLET LINKAJA SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEMBAYARAN E-WALLET LINKAJA SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Yogyakarta))
21208012039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEMBAYARAN E-WALLET LINKAJA SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Yogyakarta))
21208012039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Niat dan Penggunaan nyata (Actual Use) generasi milenial dalam menggunakan aplikasi linkaja syariah. Model yang diterapkan melibatkan enam variabel independen, dua variabel mengadopsi dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan serta empat variabel tambahan yaitu, kepercayaan, word of mouth, keamanan, dan gaya hidup, serta satu variabel yang bertindak sebagai variabel intervening yaitu niat. Selanjutnya, variabel dependen hanya satu yakni, Actual Use Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling berbasis varian (SEM-PLS). Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 128 responden di Yogyakarta, yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota. Yaitu Kab.Kulon Progo, Kab.Gunung Kidul, Kab.Bantul, Kab.Sleman dan Kota Yogyakarta. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil pengujian dari semua variable independen yang berpengaruh langsung terhadap dua variable dependen yaitu Niat dan Actual Use signifikan dengan menunjukan bahwa pengaruh terhadap niat dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kepercayaan, word of mouth, keamanan dan Gaya hidup menunjukan arah yang positif kurang dari 0.05 (5%). Begitupula dengan pengaruh langsung terhadap Acuatl Use bahwa kepercayaan, word of mouth, keamanan, dan keamanan memiliki pengaruh yang positif dengan nilai kurang dari 0,05. Artinya kehadiran aplikasi e-waleet linkaja syariah dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pembayaran digital dan diterima dikalangan milenial kota Yogyakarta berdasarkan ukuran beberapa factor tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Joko Setyono, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Word of mouth; scurity; lifestyle; TAM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jun 2024 14:22
Last Modified: 14 Jun 2024 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum