ANALISIS CLUSTER HIERARKI AGGLOMERATIVE MENGGUNAKAN METODE AVERAGE LINKAGE DAN WARD (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2022)

Puri Handayani Fadzilah, NIM.: 17106010005 (2024) ANALISIS CLUSTER HIERARKI AGGLOMERATIVE MENGGUNAKAN METODE AVERAGE LINKAGE DAN WARD (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CLUSTER HIERARKI AGGLOMERATIVE MENGGUNAKAN METODE AVERAGE LINKAGE DAN WARD (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2022))
17106010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CLUSTER HIERARKI AGGLOMERATIVE MENGGUNAKAN METODE AVERAGE LINKAGE DAN WARD (Studi Kasus: Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2022))
17106010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masalah kesejahteraan rakyat merupakan permasalahan yang harus dihadapi oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Permasalahan kesejahteraan rakyat terjadi akibat beberapa faktor, seperti faktor kepadatan penduduk dan kemiskinan. Masalah kependudukan sering kali dikaitkan dengan pertumbuhan penduduk. Penduduk dapat menjadi modal dasar dalam pembangunan. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah memiliki penyebab masalah kesejahteraan yang berbeda. Oleh karena itu, pemerintah harus memiliki skala prioritas terhadap masalah kesejahteraan di suatu wilayah yang dapat dilakukan menggunakan suatu metode matematika di bidang statistika yaitu analisis cluster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelompokan 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan mengetahui karakteristik setiap kelompok berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2022 seperti kepadatan penduduk, penduduk miskin, pengangguran terbuka, angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah dengan menggunakan metode Average Linkage dan Ward. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode average linkage mengelompokkan 35 kabupaten/kota menjadi 3 kelompok cluster. Cluster 1 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang rendah. Cluster 2 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang sedang. Cluster 3 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Pada metode ward mengelompokkan 35 kabupaten/kota menjadi 3 kelompok cluster. Cluster 1 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang rendah. Cluster 2 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang sedang. Cluster 3 adalah kelompok kabupaten/kota dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan rakyat; Analisis Cluster; metode Average linkage; metode Ward.
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 02 Jul 2024 15:20
Last Modified: 02 Jul 2024 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum