TANFIIDZ IS-TTIKHDAM KITAB AL-QIRAAH AR-RASYIDAH FII TA’LIIM AL- MUTHALA’AH LI MAHARATI AL-KALAM LADA THALABAH AS-SANAH AR-RABI’AH BI KULLIYATI AL-MU’ALLIMIIN AL-ISLAMIYAH MA’HAD DAR AL-HUFFAZH BONE SANAH DIRASIYAH 2023- 2024.

Azizah Saad Said, NIM.: 20104020015 (2024) TANFIIDZ IS-TTIKHDAM KITAB AL-QIRAAH AR-RASYIDAH FII TA’LIIM AL- MUTHALA’AH LI MAHARATI AL-KALAM LADA THALABAH AS-SANAH AR-RABI’AH BI KULLIYATI AL-MU’ALLIMIIN AL-ISLAMIYAH MA’HAD DAR AL-HUFFAZH BONE SANAH DIRASIYAH 2023- 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANFIIDZ IS-TTIKHDAM KITAB AL-QIRAAH AR-RASYIDAH FII TA’LIIM AL- MUTHALA’AH LI MAHARATI AL-KALAM LADA THALABAH AS-SANAH AR-RABI’AH BI KULLIYATI AL-MU’ALLIMIIN AL-ISLAMIYAH MA’HAD DAR AL-HUFFAZH BONE SANAH DIRASIYAH 2023- 2024.)
20104020015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TANFIIDZ IS-TTIKHDAM KITAB AL-QIRAAH AR-RASYIDAH FII TA’LIIM AL- MUTHALA’AH LI MAHARATI AL-KALAM LADA THALABAH AS-SANAH AR-RABI’AH BI KULLIYATI AL-MU’ALLIMIIN AL-ISLAMIYAH MA’HAD DAR AL-HUFFAZH BONE SANAH DIRASIYAH 2023- 2024.)
20104020015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Muthãla’ah dengan menggunakan buku al-Qirãah ar-Rasyidah. 2) Mengetahui bagaimana penggunaan buku al-Qirãah ar-Rasyidah dalam kemampuan berbicara bahasa Arab. 3) Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan buku al-Qirãah ar-Rasyidah Pondok Pesantren Darul Huffadh Bone tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan objek penelitian buku al-Qirãah ar-Rasyidah. Adapun sumber data penelitian adalah santri/wati kelas IV Pondok Pesantren Darul Huffadh Bone dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Muthãla’ah dengan menggunakan kitab al-Qirãah ar-Rasyidah meliputi lima langkah, pertama Ta’aruf, kedua Muqaddimah, ketiga Ardh – Rabth – Istimbath, keempat Tathbiq, dan kelima Ikhtitam. 2) Implementasi penggunaan buku al-Qirãah ar-Rasyidah dalam pembelajaran Muthãla’ah terhadap Mahãrah al-Kalãm memberikan dampak yang signifikan karena materi buku ini berbentuk naratif sederhana yang mudah dipahami dan dapat langsung diterapkan dalam percakapan sehari-hari. Kegiatan menceritakan ulang juga telah terbukti meningkatkan kemampuan berbicara santri karena membantu mereka memperhatikan kata-kata, mengatur kalimat, dan menggunakan kata yang tepat. Hal ini dapat membantu santri dalam meningkatkan kemampuan berbicara yang efektif. 3) Faktor pendukung penggunaan buku al- Qirãah ar-Rasyidah Pondok Pesantren Darul Huffadh adalah lingkungan berbahasa yang efektif. Buku ini memiliki bahasa yang mudah untuk dipelajari. Serta menjadi pelajaran yang disukai oleh santri. Adapun faktor penghambat adalah, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai tingkat pemahaman yang memadai. Selain itu, latar belakang pendidikan santri yang bervariasi, sehingga mereka memiliki kemampuan yang berbeda beda dalam berbahasa arab. Dan terakhir adalah santri menggunakan bahasa Arab seperti menggunakan bahasa Ibunya yang akibatnya secara tidak langsung dapat mempengaruhi cara santri dalam mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kitab al-Qiraah ar-Rasyidah, Maharah al-Kalam, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 13:59
Last Modified: 04 Jul 2024 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum