PENANAMAN NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELOMPOK B ROUDHATUL ATFHAL DHARMA WANITA PERSATUAN PERSATUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

An Nisa Fitria Fatimatuz Zahro, NIM.: 20104030050 (2024) PENANAMAN NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELOMPOK B ROUDHATUL ATFHAL DHARMA WANITA PERSATUAN PERSATUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELOMPOK B ROUDHATUL ATFHAL DHARMA WANITA PERSATUAN PERSATUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
20104030050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELOMPOK B ROUDHATUL ATFHAL DHARMA WANITA PERSATUAN PERSATUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
20104030050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman nilai akhlak wajib ditanamkan sejak usia dini. Pentingnya penanaman akhlak ini bisa dijadikan bekal anak untuk menghadapi masa yang akan datang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penanaman pada pendidikan nilai akhlak dari madrasah pertama dan kurangnya pendidik dalam mengawasi peserta didik. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman nilai akhlak dan bagaimana penanaman nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari kelompok B Roudhatul Atfhal Dharma Wanita Persatuan Persatuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Permasalahan yang terjadi akan dibahas melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara digunakan oleh peneliti sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif, yang bisa diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk menganalisis dan menyusun secara secara sistematis, data yang didapatkan dari sumber data atau fakta yang berada di lapangan. Di samping itu, triangulasi sumber dan triangulasi sumber juga digunakan peneliti untuk mengecek keabsahan data.” “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai akhlak kelompok B Roudhatul Atfhal Dharma Wanita Persatuan Persatuan UIN Sunan Kalijaga dilakukan menggunakan beberapa metode-metode, seperti keteladanan, pembiasaan, nasihat yang bijak, perhatian dan pemantauan, pemberian hadiah dan ganjaran, serta bercerita. Penanaman nilai akhlak ini diberikan pada saat awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya Kerjasama antara pendidik dan orangtua, pendidik yang professional, lingkungan yang memadai, dan media pembelajaran yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya kesinambungan, orangtua tidak melakukan pembiasaan yang diberikan saat sekolah, dan orangtua terlalu sibuk, sehingga melupakan kewajiban-kewajiban yang seharusnya dilakukan.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Akhlak, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:26
Last Modified: 04 Jul 2024 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum