PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK QR CODE BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

Syarifatun Nisa, NIM.: 20104060003 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK QR CODE BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK QR CODE BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA)
20104060003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK QR CODE BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA)
20104060003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jaringan yang belum tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia dapat menghambat efektifitas belajar di dalam kelas serta media yang dikembangkan guru menjadi terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik QR Code Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Hukum Dasar Kimia dan menguji kualitasnya. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementasi, and Evaluasi). Teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh validasi ahli materi sebesar 93% dengan kategori sangat baik (SB) dan valid untuk digunakan, ahli media sebesar 93,3 % dengan kategori sangat baik (SB) dan dinyatakan valid untuk digunakan, dan penilaian reviewer sebesar 90 % dengan kategori sangat baik (SB). LKPD berbasis komik QR Code direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 91 %. Berdasarkan hasil validasi dan penilaian serta respon yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis komik QR Code berbantuan aplikasi canva yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang fleksibel dan sebagai alternatif pada materi hukum dasar kimia untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Canva, Hukum Dasar Kimia, QR Code
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2024 15:02
Last Modified: 04 Jul 2024 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum