RANCANGAN MATERI KIMIA AKSESIBEL: STUDI DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI YOGYAKARTA

Khafifah Aulia Wulayalin, NIM.: 20104060050 (2024) RANCANGAN MATERI KIMIA AKSESIBEL: STUDI DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANGAN MATERI KIMIA AKSESIBEL: STUDI DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI YOGYAKARTA)
20104060050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RANCANGAN MATERI KIMIA AKSESIBEL: STUDI DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI YOGYAKARTA)
20104060050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tren siswa penyandang disabilitas yang bersekolah di sekolah menengah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Indonesia semakin meningkat. Tren ini menuntut guru sebagai orang yang berperan penting dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa, termasuk siswa dengan disabilitas. Penelitian ini memotret bagaimana guru kimia menyediakan mode representasi alternatif sebagai salah satu prinsip dari Universal Design for Learning (UDL). Tiga reponden guru dari tiga Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta direkrut secara purposif dan setuju untuk diwawancarai tentang bagaimana mereka memvariasikan format konten kimia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis konten terarah diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa konten pembelajaran kimia dibuat lebih mudah diakses oleh siswa dengan disabilitas. Tiga responden guru kimia menunjukkan bahwa mereka menerapkan prinsip Multiple Means of Representation dari UDL dengan cara yang sederhana. Para partisipan membuat tujuan pembelajaran tanpa memodifikasinya agar sesuai dengan kemampuan siswa. Konten pembelajaran ditawarkan dengan berbagai cara dan disampaikan dengan beberapa strategi. Responden guru kimia mendemonstrasikan bagaimana mereka memberikan berbagai penilaian untuk memberikan kesempatan kepada siswa dengan disabilitas untuk menunjukkan pemahaman mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatinigrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kimia, Pendidikan Inklusif, Multiple Means Of Representation, Siswa Penyandang Disabilitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:08
Last Modified: 05 Jul 2024 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum