EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adfana Zuhra Senjayani, NIM.: 20104080008 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
20104080008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
20104080008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka menstimulasi siswa untuk belajar secara mandiri, memperkuat kemampuan berpikir kritis, dan berkolaborasi. Siswa diajak untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi ide dan menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata. Namun pada kenyataanya kemampuan kolaborasi belajar di kelas IV MI Muhammadiyah krakitan masih kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan efektif atau tidak dan seberapa efektif model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan kolaborasi belajar siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Krakitan. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Intsrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket. Angket yang digunakan dalam penelitian yaitu angket kemampuan kolaborasi belajar siswa. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan yang berjumlah 48 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) efektif meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa dibandingkan model pembelajaran Cooperative Learning pada kelas kontrol yang dibuktikan melalui uji hipotesis Independent Sample t-Test dengan hasil signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 sehingga H₀ ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar. Selain itu didukung dengan nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 57,9% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 9,77% (tidak efektif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Kolaborasi, Cooperative Learning, Teams Games Tournament.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:27
Last Modified: 05 Jul 2024 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum